Why the people must die

21.51 Aji Achmad Mustofa 0 Comments

Pertanyaan kenapa orang harus hidup adalah pertanyaan orang yang selalu ditanyakan untuk tidak pantang menyerah. Bertanya kenapa harus mati adalah bertanya untuk siap menghadapi sesuatu yang lebih baik. Sesuatu yang memang harus dibayar untuk mendapatkan yang terbaik. "Everything in Life Has a Price".
Haruskah mereka mati ??. Tanpa mengurangi simpati dan rasa peduli kepada yang mati, jawabannya 'Harus'. Terkesan ekstrim tapi ini lah kenyataan. Kenyataan yang tidak akan kembali walau diratapi seumur hidup. Mereka mati bukan karena mereka pantas mati tapi mereka adalah harga yang dibayarkan untuk kelangsungan hidup yang lain. Mereka mati karena inilah cara dunia hidup. Tidak peduli kaya ataupun miskin, dunia memilih yang pantas hidup dan pantas mati. Tidak ada yang bisa untuk tidak bilang tidak.
Pertanyaannya, seberapa besar manfaat yang bisa diambil dari sebuah kematian yang besar. Banyak negara - negara besar yang harus membayar nyawa untuk menjadi negara sebesar sekarang. Mereka besar bukan hanya membayar dengan nyawa yang besar, mereka besar karena mereka memanfaatkan apa yang mereka bayarkan bukan meratapi apa yang mereka dapatkan. Hingga akhirnya manusia berhasil membuat berbagai macam teknologi untuk mengurangi bayaran nyawa yang dibayarkan untuk dunia ini.Teknologi tersebut butuh waktu dan konsistensi. Tidak bisa langsung instan.
Pertanyaan selanjutnya, bisakah manusia meghindari kematian yang besar untuk yang kesekian kalinya. Pertanyaan yang jawabannya seharusnya bisa. Kenyataannya, manusia harus ingat kalau mereka itu menumpang. Semakin lama tumpangan semakin besar bayarannya. Hingga akhirnya, dunia meminta semua nyawa yang masih hidup saat itu juga "Kiamat", sebagai bayarannya. Kiamat merupakan bayaran manusia paling terakhir. Bayaran yang meminta seluruh apa yang hidup dan bukan sebagian. Bayaran yang manusia tunggak karena kecanggihan teknologi. Teknologi yang manusia ciptakan untuk bisa menumpang hidup lebih lama.  



0 komentar :