Bumiku Semakin Sempit

08.54 Aji Achmad Mustofa 0 Comments

Bumi adalah tempat tinggal manusia yang sangat indah. Ditumbuhi oleh berbagi jenis tanaman, dihiasi oleh lautan yang biru, dan butran – butiran salju yang menumpuk di ujung – ujungnya. Semua itu tercipta hanya untuk manusia.

Saat manusia datang, mereka berkembang layaknya tumbuhan ataupun hewan sehingga manusia memenuhi hampir di setiap pulau yang ada di bumi. Selain berkembang biak, manusia juga mengembangkan ilmu mereka sehingga dari tahun ke tahun hasil dari pengetahuan yang dulu bisa dirasakan oleh manusia – manusia selanjutnya. Sayangnya, dari tahun – ke tahun, bumi yang luas ini terasa semakin sempit. Sehingga ada inisiatif untuk mencari planet baru selain bumi.

Ambil contoh saja kota Jakarta. Kota Jakarta yang merupakan salah satu dari kota – kota besar yang ada di Indonesia suda semakin sempit, tak ada lahan yang kosong bagi penghuni – penghuni selain manusia. Dimana – mana sering terjadi kemacetan. Entah bagaimana ceritanya, tapi itu benar – benar terjadi. Hingga terkesan aneh jika ada orang yang tidak terjebak kemacetan di kota Jakarta.

Pada hakekatnya kepadatan tidak akan menjadi suatu masalah yang besar ketika masayarakat mau tinggal sesuai tempatnya, tanpa mengganggu kehidupan yang lain. Selain itu, tidak berlebih – lebihan dalam membangun rumah. Karena kadang rumah besar tapi penghuninya hanya segelintir orang.