Ringkasan dan Review Tomorrowland

14.56 Aji Achmad Mustofa 0 Comments

Film ini menceritakan tentang orang - orang yang optimis untuk membuat sesuatu yang lebih baik. Dalam film ini setidaknya ada 2 orang karakter utama yang mempunyai sifat optimis untuk membuat dunia ini menjadi lebih baik.
Pertama, karakter laki - laki bernama Frank Walker. Karakter ini diawali dari sosok anak kecil berusia belasan tahun yang telah membuat terobosan baru pada tahun tersebut. Alat yang membuat manusia bisa terbang. Alat tersebut coba diajukan ke dalam sebuah lomba penemuan pada tahun tersebut. Sayangnya, saat pendaftaran, dia tidak berhasil meyakinkan panitia seleksi bahwa alat tersebut berfungsi dengan baik. Sifat optimisnya yang begitu besar yang ingin membuktikan bahwa alat itu berfungsi membuat dia didatangi oleh gadis kecil dan mengajaknya untuk datang ke masa depan dengan menggunakan pin khusus untuk pergi ke masa depan. Hingga dia pun ke masa depan dan melihat keajaiban - keajaiban yang belum ada pada masanya.
Kedua, Karakter perempuan bernama Casey Newton. Karakter ini bersosok remaja usia 20 an yang mempunyai sifat sama seperti karakter pertama, optimis. Karakter ini selalu mencoba untuk melakukan hal - hal yang baik untuk masa depan yang lebih baik dan akan melakukan segala sesuatu agar orang - orang disekitarnya tidak menyerah walaupun hal tersebut melanggar aturan. Sifat optimis dan tidak menyerah membuat dia terpilih untuk pergi ke masa depan. Dia mendapatkan sebuah pin yang sama dengan Frank. Pin tersebut membuat dia bisa melihat sebuah tempat di masa depan. Tempat di mana semuanya berawal dari imajinasi. Sayangnya pin tersebut hanya bertahan beberapa jam sehingga dia berusaha untuk mencari pin serupa untuk pergi ke tempat yang luar biasa menakjubkan.
Sebenernya ada satu karakter lagi yang membuat dua karakter sebelumnya mendapatkan pin untuk bisa ke masa depan. Karakter ini bernama Athena. Athena merupakan sesosok perempuan manis yang umurnya kurang lebih hampir sama seperti Frank Walker saat menuju masa depan. Sayangnya, Athena bukan manusia seperti dua karakter sebelumnya. Dia adalah robot yang digunakan untuk merekrut (mengajak) orang - orang yang memiliki sifat optimis agar bisa melihat masa depan. Bukan hanya untuk melihat masa depan tetapi mencoba untuk memperbaiki kehidupan manusia di masa depan.
Konflik dalam film ini dimulai ketika Casey ingin mencari pin yang sama dengan pin miliknya melalui internet. Dari internet dia menuju ke sebuah toko mainan - mainan langka yang juga memiliki pin tersebut. Sayangnya pemilik dari toko tersebut adalah robot yang datang dari masa depan. Pemilik tersebut penasaran bagaimana Casey bisa mendapatkan pin tersebut. Casey yang curigapun enggan memberitahukan bagaimana dia mendapatkan pin tersebut. Saat suasana memanas muculah Athena, gadis kecil yang bertanggungjawab atas pin tersebut. Casey pun selamat, bersama Athena dia pergi ke rumah Frank Walker.
Casey yang hanya sendirian ke rumah Frank, membuat awal pertemuan mereka panas. Tidak ada rasa saling percaya membuat Frank pun enggan membukakan pintu untuk Casey. Casey yang tidak pantang menyerah pun berhasil masuk walau dengan sedikit cara - cara kasar. Karakter frank saat ditemui casey berbeda. Frank yang sekarang adalah Frank yang sudah berumur tiga puluhan. Tetap jenius yang sayangnya, dia diusir dari tempat masa depan. Saat casey berada di dalam rumah Frank, dia menemukan sebuah ruangan yang berisi monitor - monitor tentang kekacauan. Salah satu nya adalah monitor kemungkinan yang bertuliskan 100%. Frank yang masuk ke ruangan tersebut pun sedikit marah dan Casey yang memiliki keingintahuan besarpun meminta Frank untuk menjelaskan apa maksud ruangan tersebut. Frank pun menjelaskan bahwa ruangan tersebut adalah ruangan yang menggambarkan bagaimana dunia ini ke depan dan berapa lama dunia ini masuk ke fase tersebut. Casey yang tercengang pun sedikit tidak terima dan tidak percaya. Dia sangat yakin bahwa manusialah yang dapat menentukan takdirnya kedepan. Sebuah kepercayaan yang tinggi dari Casey membuat monitor kemunginan berubah dari 100% menjadi 99%. Dari sinilah petualangan mereka berlanjut. Mulai dari dikejar - kejar robot, pergi ke paris menggunakan mesin waktu, hingga akhirnya sampai ke masa depan dengan menggunakan roket luar angkasa. Saat petualangan ini, Athena muncul untuk membantu mereka menuju masa depan.
Setelah berhasil masuk ke masa depan, casey sedikit kecewa. Tempat yang dilihat waktu pertama kali dia mendapatkan sebuah pin itu 180 derajat berbeda. Tempat itu sekarang sepi dan tidak terurus lagi. Akan tetapi, setibanya di sana, mereka bertiga langsung disambut oleh pengelola di tempat tersebut. Singkat cerita, diajaklah mereka bertiga ke sebuah tempat bernama monitor. Tempat tersebut adalah tempat yang dibangun berdasarkan rancangan algoritma dari Frank Walker. Sama seperti tempat yang ditemui Casey dirumah Frank. Bedanya tempat ini bisa menjelajah ke masa lalu ataupun masa depan. Casey yang diperkenankan untuk mengendalikan tempat tersebut sangat antusias. Dia mengendalikan tempat tersebut dimulai dari dia berbicara dengan ayahnya di ruang makan hingga sampailah dia ke tempat kerja ayahnya, pangkalan peluncuran satelit NASA. Di sana dia mencoba melihat masa  depan satelit tersebut. Sayangnya, yang dia lihat adalah kehancuran. Bukan hanya di tempat tersebut. Semua tempat yang dia lihat tampak penuh dengan kehancuran. Begitu pula tempat di mana dia tinggal. Waktu tersisa menuju kehancuran dunia adalah 58 hari. Casey pun kesal, kenapa mereka yang mengetahui bagaimana masa depan dunia, tidak memberi tahu orang - orang. Panasnya suasana di ruangan monitor membuat Casey, Frank, dan juga Athena akhirnya dipindahkan ruangan yang terbatas yang kemudian ketiganya akan dideportasi ke masa tempat mereka berada sebelumnya.
Akhir dari cerita ini sungguh menarik. Solusi untuk menghentikan kehancuran dunia adalah dengan menghancurkan monitor. Untuk menghancurkan monitor, Casey, Frank, dan juga Athena harus berdebat panjang dengan pengelola tempat tersebut. Dari sinilah akhirnya jawaban - jawaban muncul. Kenapa mereka tidak meperingatkan manusia untuk berubah menjadi yang lebih baik. Karena pada dasarnya peringatan itu sudah sering muncul tapi manusialah yang mengabaikan. Pemanasan global, mencairnya kutub utara, dan banyak hal lagi yang pada dasarnya sudah cukup untuk memperingatkan manusia. Sayangnya begitulah manusia, di sisi lain banyak orang yang mengalami obesitas, banyak pula orang yang mengalami kekurangan gizi. Egois dan hanya mementingkan golongan saja. Setelah perdebatan berakhir, terjadilah perkelahian yang dimenangkan oleh Casey, Frank, dan juga Athena. Sayangnya, Athena yang robot harus terluka parak karena melindungi Frank. Akhirnya, satu - satunya cara untuk menghancurkan monitor adalah membawa Athena ke monitor karena Athena akan meledak jika dia mati.
Film yang sangat menarik, mengajak para penonton untuk berpikir optimis. Bukan hanya jadi pendiam tapi juga melakukan sebuah tindakan untuk membuat dunia ini lebih baik lagi. Walau sedikit membingungkan, tapi ini cocok bagi remaja - remaja untuk menentukan bagaimana dunia ini ke depan.