Internet Gratis ???

03.14 Aji Achmad Mustofa 0 Comments

Internet gratis adalah wacana yang disampaikan oleh salah satu pendiri facebook melalui internet.org. Wacana yang secara bisnis sulit untuk dilakukan karena "Tidak Ada yang Gratis" dan "Setiap Sesuatu Memiliki Harga yang Harus Dibayar". Wacana ini dirasa lebih cocok untuk tempat - tempat yang sifatnya membangun seperti sekolah, tempat ibadah, tempat penelitian, dan sebagainya. Tempat - tempat tersebut dirasa cocok karena tempat tersebut adalah tempat dimana manusia mulai membangung masa depan.
Secara fungsi dan tujuan, internet gratis berfungsi untuk membantu orang - orang untuk mengenal internet lebih jauh. Akan tetapi jika dilihat dari segi bisnis, banyak hal yang membuat internet tidak gratis. Mulai dari infrastruktur, pemeliharaan, dan banyak hal teknis yang pada dasarnya tidak gratis. Seandainya pun bisa gratis maka pola bisnis yang selama ini ada akan berubah hingga ke akarnya. Internetnya gratis, akan tetapi halaman yang akan diakses mungkin menjadi halaman berbayar karena tetap harus ada yang bertanggungjawab untuk hal - hal teknis agar internetnya tetap gratis.
Tanpa bermaksud berpikir pesimis. Internet gratis pada dasarnya baik untuk orang - orang yang terbiasa mengakses internet. Akan tetapi, akan lebih bagus lagi jika internet gratis diperuntukan ditempat - tempat yang bisa membangun manusia seperti sekolah, tempat ibadah, tempat penelitian dan sebagainya. Sehingga pemanfaatan internet bukan hanya bisa mengenalkan orang - orang dengan internet tetapi juga bisa mengarahkan kemana internet digunakan.