Manusia dan Pandangan Hidup

03.58 Aji Achmad Mustofa 0 Comments

Pandangan hidup adalah tujuan dasar dari kehidupan. Pandangan hidup didapat dari beberapa cara yaitu pandangan hidup berdasarkan ideology, agama, dan renungan. Pandangan hidup itu sendiri pada dasarnya mempunyai beberapa unsur yaitu cita – cita, kepercayaan, kebajikan, dan usaha.
Pertama cita – cita, cita – cita adalah suatu impian yang ingin dicapai oleh seseorang karena memang orang itu berusaha. Tetapi sayangnya, cita – cita itu kadang terbentur oleh faktor kondisi yang dimana faktor kondisi itu menjadi hambatan dalam mencapai cita – cita.
Kedua adalah usaha. Usaha adalah suatu perbuatan sungguh – sungguh untuk mencapai cita – cita. Satu hal yang sering dilupakan oleh manusia adalah bahwa kemampuan manusia itu ada batasnya tetapi usaha manusia tidak pernah ada batasnya.
Ketiga adalah kebajikan. Kebajikan adalah perbuatan baik dalam pencapaian cita – cita. Sudah menjadi faktor x yang di mana kebaikan malah mengantarkan seseorang menuju cita – cita yang ingin dicapainya.
Keempat adalah kepercayaan. Kepercayaan menjadi modal utama dalam mencapai cita – cita. Jika seseorang tidak percaya atau tidak yakin untuk mendapatkan cita – cita maka usaha sekeras apapun tidak akan pernah menuju ke cita – cita yang ingin dicapainya. Malah, membat dirinya hancur dan gagal dalam meraih cita – cita itu sendiri.