Sukses Membangun Usaha
Membangun
Usaha adalah sesuatu yang selalu menjadi solusi untuk menghadapi persaingan
kerja yang semakin ketat. Dari usaha maka terbentuklah suatu perusahaan yang
mungkin membuka lapangna kerja baru bagi pelamar yang belum mendapatkan
pekerjaan. Dari sinilah, maka bisa mengurangi pengangguran yang semakin banyak
disetiap tempat. Untuk membentuk sebuah usaha, tidak bisa dilakukan secara
instan. Butuh proses yang panjang jika ingin menjadikan sebuah usaha ke sebuah
usaha yang besar atau perusahaan.
Untuk
membentuk sebuah usaha yang bisa berjalan dan berkembang mengikuti perkembangan
zaman. Dibutuhkan sebuah visi dan misi yang harus ada dalam pembentukan sebuah
usaha. Selain itu, juga dibutuhkan komitmen dalam menjalankan sebuah usaha dari
bawah ke atas. Perkataan bijak bagi para pengusaha – pengusaha baru “usaha
tanpa tujuan hasilnya sia – sia dan usaha tanpa komitmen hasilnya nol”.
Untuk
membentuk sebuah usaha yang baik. Orang yang terlibat tidak bisa sembarangan.
Usaha tidak bisa dibangun dengan 1 orang. Minimal ada 3 orang yang terlibat
dalam membangun usaha. 1 orang sebagai manajemen administrasi, 1 orang sebagai
seorang manajemen keuangan, dan 1 orang sebagai manajemen teknisi.
Jika
sudah terkumpul orang – orang yang siap membangun usaha dari awal. Maka dimulai
dari hal – hal yang kecil. Dimulai dari tempat berkumpul, tempat usaha,
marketing, dan konsumen dari usaha yang telah dibuat.
Setelah
usaha terbentuk, akan banyak sekali yang harus dipertanggungjawabkan.
Pertanggungjawaban pertama adalah pertanggungjawaban sebuah usaha dengan
lingkungan. Tanggungjawab ini selalu ada seperti apapun bentuk usahanya karena
lingkungan yang menjadi faktor sukses atau tidaknya sebuah usaha berjalan.
Pertanggungjawaban kedua adalah pertanggungjawaban sebuah usaha dengan
karyawannya. Pemilik usaha yang baik akan selalu memikirkan bagaimana kehidupan
dari karyawan – karyawannya karena usaha tidak bisa bergerak tanap bantuan
karyawan – karyawannya.
Usaha
yang baik, tidak akan pernah bosan untuk menerima suara dari konsumen. Kritik
ataupun saran akan sangat menentukan bagaimana sebuah usaha akan berjalan terus
hingga menjadi besar. Konsumen merupakan raja bagi para pemilik usaha. Tanpa
raja, maka usaha tidak akan berjalan baik.