Sukses Membangun Usaha

07.09 Aji Achmad Mustofa 0 Comments

Membangun Usaha adalah sesuatu yang selalu menjadi solusi untuk menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat. Dari usaha maka terbentuklah suatu perusahaan yang mungkin membuka lapangna kerja baru bagi pelamar yang belum mendapatkan pekerjaan. Dari sinilah, maka bisa mengurangi pengangguran yang semakin banyak disetiap tempat. Untuk membentuk sebuah usaha, tidak bisa dilakukan secara instan. Butuh proses yang panjang jika ingin menjadikan sebuah usaha ke sebuah usaha yang besar atau perusahaan.
Untuk membentuk sebuah usaha yang bisa berjalan dan berkembang mengikuti perkembangan zaman. Dibutuhkan sebuah visi dan misi yang harus ada dalam pembentukan sebuah usaha. Selain itu, juga dibutuhkan komitmen dalam menjalankan sebuah usaha dari bawah ke atas. Perkataan bijak bagi para pengusaha – pengusaha baru “usaha tanpa tujuan hasilnya sia – sia dan usaha tanpa komitmen hasilnya nol”.
Untuk membentuk sebuah usaha yang baik. Orang yang terlibat tidak bisa sembarangan. Usaha tidak bisa dibangun dengan 1 orang. Minimal ada 3 orang yang terlibat dalam membangun usaha. 1 orang sebagai manajemen administrasi, 1 orang sebagai seorang manajemen keuangan, dan 1 orang sebagai manajemen teknisi.
Jika sudah terkumpul orang – orang yang siap membangun usaha dari awal. Maka dimulai dari hal – hal yang kecil. Dimulai dari tempat berkumpul, tempat usaha, marketing, dan konsumen dari usaha yang telah dibuat.
Setelah usaha terbentuk, akan banyak sekali yang harus dipertanggungjawabkan. Pertanggungjawaban pertama adalah pertanggungjawaban sebuah usaha dengan lingkungan. Tanggungjawab ini selalu ada seperti apapun bentuk usahanya karena lingkungan yang menjadi faktor sukses atau tidaknya sebuah usaha berjalan. Pertanggungjawaban kedua adalah pertanggungjawaban sebuah usaha dengan karyawannya. Pemilik usaha yang baik akan selalu memikirkan bagaimana kehidupan dari karyawan – karyawannya karena usaha tidak bisa bergerak tanap bantuan karyawan – karyawannya.
Usaha yang baik, tidak akan pernah bosan untuk menerima suara dari konsumen. Kritik ataupun saran akan sangat menentukan bagaimana sebuah usaha akan berjalan terus hingga menjadi besar. Konsumen merupakan raja bagi para pemilik usaha. Tanpa raja, maka usaha tidak akan berjalan baik.