Tips Membuat File Rahasia Dengan Gambar

16.10 Aji Achmad Mustofa 0 Comments

Ditulis oleh Aji Achmad Mustofa
File merupakan sekumpulan data yang biasa ada dalam sebuah komputer. File bisa menjadi sangat penting jika menyangkut masalah pribadi ataupun masalah orang banyak. Dari sebab itulah banyak orang berusaha untuk membuat bagaimana agar file tersebut tidak dibuka orang.
Ada banyak cara dalam menjaga keamanan sebuah file. Cara yang unik yang penulis dapat dari salah satu artikel di internet adalah menjadikan file tersebut ke dalam format jpg. Mungkin dengan hanya mengubah extensinya ke dalam format jpg file tersebut terlihat aman tetapi tidak unik karena file yang diubah extensinya akan dianggap corup atau rusak. Sehingga orang yang tidak tahu akan pentingnya file tersebut langsung menghapusnya dari komputer. Agar gambarnya juga bisa terlihat oleh komputer maka diperlukan beberapa cara
1. Cari file yang akan dirahasiakan ex : secret.doc
2. Cari gambar yang unik yang bisa mengecoh orang banyak ex : tikus.jpg (“Format gambar bisa bermacam – macam boleh png, gif, ataupun sebagainya ”)
3. Satukan 2 file tersebut dalam 1 folder
4. Ubah file yang akan dirahasiakan menjadi rar. Sehingga secret.doc berubah menjadi secret.rar
5. Masuk ke command prompt
6. Masuk ke folder tempat di mana file dirahasiakan dengan menggunakan jendela command prompt
7. Lalu tuliskan (“copy /b tikus.jpg+secret.rar tikus1.jpg”) kemudian tekan enter
8. Setelah itu akan muncul file tikus.jpg dalam folder tersebut
9. Selesai
Jika ada orang yang dengan sembarangan membuka file tersebut maka yang akan muncul adalah gambar tikus1.jpg. Lalu untuk mengambil atau membuka secret.rar tinggal dengan mengklik kanan pada file tikus.jpg lalu [open with] pilih winrar dan tekan [ok] maka file yang dirahasiakan akan terbuka. Untuk tulisan yang digaris bawahi bisa diubah sesuai keinginan asalkan extentionnya tidak diubah ke lain format.
Keuntungan dari penyimpanan dengan menggunakan file gambar adalah bisa mengecoh orang – orang yang melihat file tersebut. Sehingga orang akan acuh dengan file gambar tersebut.
Dikutip dari artikel yang ditulis oleh Diwan Fauzi
Contoh bisa dilihat pada file ini...silahkan klik kanan lalu pilih extract here bagi yang menggunakan winrar atau winzip